DITULIS
OLEH : Muhamad Aizad Bin Mazlan
NO.MATRIK
: 14021095
NO. SIRI :104
Ustadz Abu Sauda` Eko Mas`uri
Bulan Ramadhan dinamakan bulan Al-Qur`ân kerana pada bulan itu
Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan Al-Qur`ân sebagai petunjuk bagi manusia ke
jalan kebenaran, dan sebagai pembezza antara yang haq dengan yang bathil. Allah
Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
شَهْرُ رَمَضَانَ الَّذِي أُنْزِلَ فِيهِ الْقُرْآنُ هُدًى لِلنَّاسِ
وَبَيِّنَاتٍ مِنَ الْهُدَىٰ وَالْفُرْقَانِ
(beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan
yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al-Qur`ân sebagai petunjuk bagi manusia
dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeza (antara yang haq
dan yang bathil). [al-Baqarah/2:185].
Al-Qur`ân merupakan sumber dari segala hukum Islam. Dengan
Al-Qur`ân itulah Allah Subhanahu wa Ta’ala mengutus Nabi Muhammad S.A.W kepada seluruh manusia. Allah S.W.T
berfirman:
تَبَارَكَ الَّذِي نَزَّلَ الْفُرْقَانَ عَلَىٰ عَبْدِهِ لِيَكُونَ
لِلْعَالَمِينَ نَذِيرًا
Maha Suci Allah yang telah menurunkan al-Furqân (Al-Qur`ân) kepada
hamba-Nya, agar dia menjadi pemberi peringatan kepada seluruh alam.
[al-Furqân/25:1].
Demikian pula dengan Sunnah Nabi. Hadis-hadis Nabi S.A.W memiliki
peranan yang berdampingan dengan Al-Qur`ân menjadi pedoman hukum dalam syariat
Islam. Allah S.W.T berfirman:
وَمَا آتَاكُمُ الرَّسُولُ فَخُذُوهُ وَمَا نَهَاكُمْ عَنْهُ
فَانْتَهُوا ۚ وَاتَّقُوا اللَّهَ ۖ إِنَّ اللَّهَ شَدِيدُ الْعِقَابِ
Apa yang diberikan Rasul kepadamu, maka terimalah. Dan apa yang
dilarangnya bagimu, maka tinggalkanlah. Dan bertakwalah kepada Allah.
Sesungguhnya Allah amat keras hukumannya. [al-Hasyr/59:7].
Allah Subhanahu wa Ta’ala menurunkan Al-Qur`ân secara
berangsur-angsur. Wahyu pertama turun saat Ramadhan pada malam lailatul-qadr,
sebagaimana Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ
Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur`ân) pada malam
kemuliaan. [al-Qadr/97:1].
Usia Nabi Muhammad S.A.W pada saat itu ialah 40 tahun sebagaimana
masyhur disebutkan oleh kalangan ahli ilmu. Usia yang ideal bagi seseorang
dalam mencapai kesempurnaan nalar, akal dan pengetahuan.
Al-Qur`ân turun dari sisi Allah Ta’ala kepada Nabi Muhammad S.A.W
dengan perantaraan Malaikat Jibril Alaihissallam. Dia adalah pemimpin para
malaikat. Allah Ta’ala mensifati Malaikat Jibril dengan firman-Nya:
إِنَّهُ لَقَوْلُ رَسُولٍ كَرِيمٍ﴿١٩﴾ذِي قُوَّةٍ عِنْدَ ذِي
الْعَرْشِ مَكِينٍ﴿٢٠﴾مُطَاعٍ ثَمَّ أَمِينٍ
Sesungguhnya Al-Qur`ân itu benar-benar firman (Allah yang dibawa
oleh) utusan yang mulia (Jibril), yang mempunyai kekuatan, yang mempunyai
kedudukan tinggi di sisi Allah yang mempunyai ‘Arsy, yang ditaati disana (di
alam malaikat) lagi dipercaya. [at-Takwîr/81:19-21].
Juga firman Allah Subhanahu wa Ta’ala :
عَلَّمَهُ شَدِيدُ الْقُوَىٰ﴿٥﴾ذُو مِرَّةٍ فَاسْتَوَىٰ
Yang diajarkan kepadanya oleh (Jibril) yang sangat kuat. Yang
mempunyai akal yang cerdas; dan (Jibril itu) menampakkan diri dengan rupa yang
asli. [an-Najm/53:5-6].
Dari huraian singkat di atas, kita boleh mengerti bahawa Al-Qur`ân
memiliki kedudukan yang tinggi. Al-Qur`ân merupakan wahyu dari Rabbul-‘alamin,
penguasa alam semesta, zat yang Mahakuasa atas segala sesuatu, iaitu Allah
Tabaraka wa Ta’ala. Al-Qur`ân diturunkan kepada manusia paling agung dan mulia
semenjak Allah menciptakan manusia yang pertama hingga manusia yang terakhir.
Pemimpin sekaligus pemimpin para nabi dan rasul. Beliau adalah Nabi Muhammad
S.AW . Al-Qur`ân diturunkan dengan perantara makhluk yang taat kepada Allah,
iaitu malaikat. Bahkan merupakan malaikat terbaik dan pemimpin para malaikat.
Dialah Malaikat Jibril. Dan Al-Qur`ân diturunkan pada waktu yang sangat mulia,
iaitu bulan Ramadhan. Bahkan malam diturunkan Al-Qur`ân merupakan malam
lailatul-qadr, malam yang lebih baik dari seribu bulan.
Allah Azza wa Jalla berfirman:
إِنَّا أَنْزَلْنَاهُ فِي لَيْلَةِ الْقَدْرِ﴿١﴾وَمَا أَدْرَاكَ مَا
لَيْلَةُ الْقَدْرِ﴿٢﴾لَيْلَةُ الْقَدْرِ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ﴿٣﴾تَنَزَّلُ
الْمَلَائِكَةُ وَالرُّوحُ فِيهَا بِإِذْنِ رَبِّهِمْ مِنْ كُلِّ أَمْرٍ﴿٤﴾سَلَامٌ
هِيَ حَتَّىٰ مَطْلَعِ الْفَجْرِ
Sesungguhnya Kami telah menurunkannya (Al-Qur`ân) pada malam
kemuliaan. Dan tahukah kamu apakah malam kemuliaan itu? Malam kemuliaan itu
lebih baik dari seribu bulan. Pada malam itu turun malaikat-malaikat dan
Malaikat Jibril dengan izin Rabbnya untuk mengatur segala urusan. Malam itu
(penuh) kesejahteraan sampai terbit fajar. [al-Qadr/97:1-5].
Kemuliaan Al-Qur`ân lainya, yaitu ia akan tetap terjaga
kemurniaannya hingga hari Kiamat. Dan masih banyak lagi keistimewaan yang
terdapat pada Al-Qur`ân.
Setelah mengetahui kedudukan Al-Qur`ân, maka sebagai seorang
Muslim, kita wajib mempedulikan Al-Qur`an. Kita lakukan amal-amal kebaikan
berkaitan dengan kitab yang mulai ini.
Pertama. Membaca Dan Menghafalkan Al-Qur`ân.
Membaca Al-Qur`ân merupakan langkah awal seseorang bermuamalah
dengan Al-Qur`ân. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam memerintahkan agar kita
rajin membacanya, sebagaimana tertuang dalam sabda beliau Shallallahu ‘alaihi
wa sallam :
اقْرَؤُوْا الْقُرْآنَ فَإِنَّهُ يَأْتِي يَوْمَ الْقِيَامَةِ
شَفِيْعًا ِلأَصْحَابِهِ…
Bacalah Al-Qur`ân, karena ia akan datang pada hari Kiamat sebagai
pemberi syafaat bagi orang yang membacanya … [HR Muslim].
Ketahuilah, Allah menjadikan amalan membaca Al-Qur`ân termasuk
sebagai salah satu yang bernilai ibadah kepada-Nya. Allah memberikan pahala
bacaan Al-Qur`ân bukan per surat atau per ayat, akan tetapi pahalanya per huruf
dari Al-Qur`ân yang kita baca. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda
لاَ أَقُوْلُ الم حَرْفٌ وَلَكِنْ أَلِفٌ حَرْفٌ وَ لاَمٌ حَرْفٌ
وَمِيْمٌ حَرْفٌ
Aku tidak mengatakan alif lam mim itu satu huruf. Akan tetapi alif
adalah satu huruf, lam adalah satu huruf dan mim adalah satu huruf. [HR
at-Tirmidzi].
Kedua. Mentadabburi Dan Mempelajarinya Al-Qur`ân.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْآنَ أَمْ عَلَىٰ قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا
Maka, apakah mereka tidak memperhatikan Al-Qur`ân, ataukah hati
mereka terkunci? [Muhammad/47:24].
Allah Subhanahu wa Ta’ala juga berfirman:
كِتَابٌ أَنْزَلْنَاهُ إِلَيْكَ مُبَارَكٌ لِيَدَّبَّرُوا آيَاتِهِ
وَلِيَتَذَكَّرَ أُولُو الْأَلْبَابِ
Ini adalah sebuah Kitab yang kami turunkan kepadamu penuh dengan
berkah supaya mereka memperhatikan ayat-ayat-Nya dan supaya mendapat pelajaran
orang-orang yang mempunyai fikiran. [Shâd/38:29].
Ketiga. Mengajarkan Al-Qur`ân.
Al-Qur`ân merupakan sebaik-baik ilmu. Barangsiapa yang
menyebarluaskan dan mengajarkannya kepada orang lain, maka ia akan mendapatkan
balasan yang terus mengalir Allah Ta’ala. Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda:
إِذَا مَاتَ ابْنُ آدَمَ انْقَطَعَ عَمَلُهُ إِلاَّ مِنْ ثَلاَثٍ
صَدَقَةٍ جَارِيَّةٍ أَوْ عِلْمٍ يُنْتَفَعُ بِهِ أَوْ وَلَدٍ صَالِحٍ يَدْعُوْ
لَهُ
Apabila manusia meninggal dunia, maka terputuslah segala amalannya
kecuali tiga perkara, (yaitu) shadaqah jariyah, atau ilmu yang bermanfaat, atau
anak shalih yang mendoakannya. [HR Muslim].
Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam juga bersabda:
خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ
Sebaik-baik kalian adalah orang yang belajar Al-Qur`ân dan
mengajarkannya. [HR Imam al-Bukhari].
Keempat. Mengamalkannya.
Demikianlah kewajiban seseorang yang telah mengetahui sebuah ilmu.
Hendaklah ia mengamalkannya. Suatu ilmu tidak akan berguna jika tidak pernah
diamalkan. Karena buah dari ilmu ialah amal. Dan Allah Subhanahu wa Ta’ala
hanya akan memberi balasan berdasarkan amal yang dikerjakan.
Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
إِنَّمَا تُجْزَوْنَ مَا كُنْتُمْ تَعْمَلُونَ
Sesungguhnya kamu diberi balasan terhadap apa yang telah kamu
kerjakan. [ath-Thûr/52:16]
جَزَاءً بِمَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
Sebagai balasan bagi apa yang telah mereka kerjakan.
[al-Wâqi`ah/56:24].
Berkaitan dengan seorang ahlul-qur`an, Sahabat ‘Abdullah bin Mas’ud
pernah berkata: “Pengemban Al-Qur`ân harus bisa dikenali saat malam hari ketika
manusia tertidur lelap, saat siang hari ketika manusia berbuka, dengan
tangisnya ketika menusia tertawa, dengan wara’nya ketika manusia berbaur,
dengan diamnya ketika manusia larut dalam pembicaraan yang tidak bermanfaat,
dengan kekhusyuannya ketika manusia bersikap angkuh, dan dengan sedihnya ketika
manusia bersuka cita”.
Semoga Allah Ta’ala menjadikan kita sebagai ahlul-qur’an. iaitu
orang-orang yang selalu menyibukkan diri dengan membaca, mempelajari,
mengajarkan dan mengamalkan al Qur’an. Sehingga pada hari Kiamat, Al-Qur`ân
mendatangi untuk memberi syafaat bagi kita di hadapan Allah Tabaraka wa Ta’ala.
Sebagai wujud memuliakan Al-Qur`ân, hendaklah kita menjaga
adab-adab saat membacanya.
Pertama. Membacanya dalam keadaan yang paling sempurna. iaitu
dengan bersuci, menghadap kiblat dan duduk dengan sopan.
Kedua. Membacanya dengan tartil dan tidak tergesa-gesa. Karena
tidak layak seseorang membaca Al-Qur`ân dengan terlalu cepat, sehingga dalam
waktu kurang dari tiga hari ia telah selesai mengkhatamkan bacaannya. Padahal
terdapat sebuah riwayat tentang ashabus-sunnan dan dishahihkan at-Tirmidzi,
bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
مَنْ قَرَأَ الْقُرْآنَ فِي أَقَلَّ مِنْ ثَلاَثِ لَيَالٍ لَمْ
يَفْقَهْهُ
Barangsiapa yang (mengkhatamkan) membaca Al-Qur`ân dalam waktu
kurang dari tiga hari maka ia tidak dapat memahaminya.
Ketiga. Selalu khusyu’ ketika membacanya, menampakkan kesedihan,
dan berusaha menangis.
Diriwayatkan oleh Ibnu Majah dengan sanad yang jayyid, Nabi
Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
اُتْلُوْا الْقُرْآنَ وَابْكُوْا. فَإِنْ لَمْ تَبْكُوْا فَتَبَاكُوْا
Bacalah Al-Qur`ân dan menangislah. Apabila kamu tidak bisa
menangis, maka berpura-puralah menangis.
Keempat. Hendaklah memperindah suaranya.
Diriwayatkan oleh Imam al-Bukhari dari Sahabat Abu Hurairah,
bahwasanya Nabi Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:
لَيْسَ مِنَّا مَنْ لَمْ يَتَغَنَّ بِالْقُرْآنَ
Bukan golongan kami orang yang tidak membaca Al-Qur`ân dengan
irama.
Kelima. Seorang yang membaca Al-Qur`ân hendaklah menyembunyikan
suaranya jika ia khawatir akan menimbulkan riya`, atau sum’ah pada dirinya,
atau apabila dikhawatirkan akan mengganggu orang yang sedang solat.
Selanjutnya, hendaklah seorang muslim berusaha memperbanyak hafalan
Al-Qur`ân di dadanya, kerana hal ini termasuk tanda keimanan seseorang, dan
salah satu tanda orang yang diberi ilmu. Allah Subhanahu wa Ta’ala berfirman:
بَلْ هُوَ آيَاتٌ بَيِّنَاتٌ فِي صُدُورِ الَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ
وَمَا يَجْحَدُ بِآيَاتِنَا إِلَّا الظَّالِمُونَl
Sebenarnya, Al-Qur`ân itu adalah ayat-ayat yang nyata di dalam dada
orang-orang yang diberi ilmu dan tidak ada yang mengingkari ayat-ayat kami
kecuali orang-orang yang zhalim.[al-Ankabut/29:49]
No comments:
Post a Comment